Latihan Menulis #3: Menulis Artikel Sederhana dengan Metoda Problem Solving

0

J-Haryadi Lukisan for Steemit.jpg

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Apa kabar sahabat Steemian tercinta? Semoga anda semua tetap semangat dalam berkarya. Saya mohon maaf hampir seminggu ini tidak menulis, karena ada kesibukan off line yang memerlukan konsentrasi penuh, sehingga tidak sempat memposting tulisan.

Kali ini saya akan berbagi tips menulis artikel dengan pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Cara ini merupakan salah satu metoda yang paling mudah. Anda cukup mencari sebuah topik tertentu yang akan dibahas dalam tulisan anda. Topik ini berkaitan dengan sesuatu masalah yang perlu dicarikan jalan keluar atau solusinya.

Saya akan mencoba membuat contoh tentang masalah sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Misalnya masalah seputar banjir yang sering melanda ibukota negara kita, Jakarta. Apa saja yang akan anda tulis? Mulainya dari mana? Ending-nya seperti apa?

Perlu anda ketahui bahwa sebuah artikel merupakan sebuah tulisan yang berisi opini atau pendapat pribadi dari penulisnya. Oleh sebab itu isinya merupakan pendapat orisinil anda yang berkaitan dengan banjir di Jakarta. Lantas bagaimana urutan penulisannya?

Langkah pertama, anda buat dulu prolognya yaitu berupa situasi Kota Jakarta secara umum dan kaitannya dengan kondisi iklim di Indonesia. Anda juga bisa jelaskan kondisi sosial masyarakat Jakarta yang heterogen.

Langkah kedua, tulis pendapat anda pribadi, apa saja yang menyebabkan Jakarta sering kebanjiran. Kemudian masukkan juga pendapat dari para ahli untuk mendukung pendapat anda tersebut. Jangan lupa sebutkan sumbernya secara jelas. Misalnya anda memperolehnya dari hasil membaca buku, artikel di koran/majalah, atau dari internet.

Langkah ketiga, apa pendapat anda terhadap pemecahan masalah banjir tersebut? Tulis pendapat orisinal anda disertai dengan argumentasi yang meyakinkan. Kalau ada referensi yang bisa mendukung pendapat anda, silakan ditulis sebagai penguat, sehingga pembaca semakin yakin dengan apa yang anda sampaikan.

Langkah keempat (terakhir) berupa penutup. Anda bisa membuat sebuah kesimpulan akhir dari opini anda tersebut.

Semoga tulisan singkat di atas bisa membantu anda dalam membuat sebuah artikel (opini). Kalau ada yang kurang jelas, bisa kita diskusikan dalam ruang komentar.

Salam pena kreatif

J. Haryadi

Sumber steemit @jharyadi https://steemit.com/indonesia/@jharyadi/latihan-menulis-3-menulis-artikel-sederhana-dengan-metoda-problem-solving

Share.

About Author

Leave A Reply