Panduan Awal Memahami Steemit untuk Pemula

0

image

Steemit makin diminati oleh banyak orang, tapi cukup sulit untuk menemukan informasi memadai yang bisa menerangkan secara cepat dasar-dasar platform media sosial Steemit bagi pemula, apalagi dalam bahasa Indonesia. Sebagai steemian baru, saya harus membaca banyak tulisan dan banyak bertanya untuk bisa memahami Steemit.

Padahal media sosial yang oleh @Ned Scott ditempatkan sebagai “a vision in a dream” ini sangat penting untuk segera diketahui agar orang-orang segera dapat mengambil manfaat positif dari kehadiran Steemit. Berikut rangkuman kecil yang bisa menjadi bacaan cepat bagi pemula dan menjadi bahan sosialisasi bagi Steemians yang ingin mengembangkan jaringan steemian di daerah masing-masing.

Jelasin dong, apa itu Steemit?
Steemit juga media sosial, sama dengan media sosial lainnya, seperti facebook, reddit/kaskus. Melalui Steemit kita juga berinteraksi melalui konten baik teks, gambar dan video.

Lalu, beda Steemit dimananya?
Di platform Steemit konten anda dihargai (diberi reward moneter/uang) dengan steem (mata uang digital), sedangkan di media sosial lainnya dihargai dengan like.

Kenapa bisa dibayar?
Ya, itu karena Steemit adalah platform media sosial yang berjalan di atas teknologi blockchain, sama seperti BitCoin dan Ethereum.

Apaan sih teknologi blockchain itu? Bedanya dengan media sosial lain seperti facebook apa?
Steemit bersifat desentralisasi, sedangkan facebook tersentralisasi. Sentralisasi maksudnya ada ownernya, sedangkan desentralisasi menempatkan kita sebagai pemilik atas akun kita (private key, posting key, reward key dan owner key). Beda dengan facebook, punya kita bukan hanya kita yang memiliki tapi juga dimiliki aksesnya oleh owner.

Blockchain itu adalah buku besar yang dapat diakses dan dikelola oleh publik, dimana didalamnya tercatat semua transaksi yang pernah dilakukan oleh seluruh pengguna, termasuk saldo yang dimiliki oleh tiap pengguna.

Boleh tahu gimana caranya mendapat reward dari sebuah postingan?
Gampang, jika konten yang kita tayang di Steemit dinilai menarik dan diberi upvote oleh pembaca yang juga anggota yang sudah memiliki akun di Steemit.

Mengapa orang mau melakukan upvote konten kita?
Ya, karena menarik, dan pembuat konten dapat memilih imbalan 100% Steem Power atau default pada 50% liquid currency (kombinasi STEEM dan Steem Dollars) dan 50% STEEM Power antara pembuat konten dan orang yang mengvoting. Menurut @abduhawab pilihan 50-50, reward yang diberikan berupa 50% SBD dan 50% Steem Power ke Steemian misal ada 2 SBD maka kita juga mendapatkan 2 Steem Power. Lebih dari itu, dalam konteks interaksi, kalau orang upvote konten kita, kita pun akan membalas vote kepada orang. Jadi, postingan yang menimbulkan interaksi inilah yang menghasilkan reward bagi para penggunanya, baik steem maupun follower. Jadi, di Steemit selain postingan, interaksi atau kerja bersama sangat menentukan reward yang diterima.

image By @thomas.hughson

Boleh tahu apa itu mata uang steem?
Steem sama dengan bitcoin masuk dalam mata uang digital (cryptocurrency). Mata uang kripto juga alat pembayaran yang murah, serta gratis, tanpa bea jika ditransfer secara internasional. Di Steemit ada dua jenis nilai steem, yaitu Steem Power dan Steem Dollar (SBD).

Di Steemit berbayar atau gratis?
Beda dengan BitCoin, di Steemit segala transaksi yang terjadi di blockchain gratis. Kalau di BitCoin para miner (penambang) harus membayar energi untuk menambang. Di Steemit, menambang dengan konten tidak dipungut bayaran alias gratis. Juga tidak perlu bawa modal untuk menjadi bagian dari Steemit, modal Anda adalah konten yang Anda posting.

Saya tertarik, bagaimana caranya?
Gampang, buka akun di Steemit, mulailah dengan perkenalan, dan selanjutnya publikasikan konten yang Anda tulis dengan menarik plus orisinal, bukan plagiat.

image

Cukup itu saja?
Idealnya bangunlah perteman, bangun komunikasi dan hubungan untuk saling berkerjasama menghasilkan upvote, komentar, dan resteem. Interaksi atas postingan inilah yang menghasilkan reward moneter bagi semua yang ambil bagian, pemilik postingan, pemberi komentar, yang melakukan upvote dan resteem. Ingat, jangan terlalu sering melakukan upvote, sebaiknya 20-30 kali. Jaga kekuatan upvote Anda.

Postingan apa saja yang boleh di posting?
Apa saja yang menarik boleh saja. Sebaiknya lakukan postingan yang positif agar Steemit tidak dimasukkan dalam katagori media terlarang. Jadilah lebah yang senang kepada yang baik, jangan menjadi lalat yang memilih hal-hal buruk.

Kapan sebaiknya saya memulai postingan?
Kapan saja boleh, tapi sebaiknya publishlah ketika Anda sudah lebih paham sehingga setiap artikel mendapatkan interaksi dari pembaca lain baik dalam bentuk upvote, komentar dan resteem.

Sebaiknya, berapa kali postingan konten dilakukan?
Tidak ada batasan, tapi sebaiknya jangan lebih dari 4 postingan dalam waktu 24 jam, dan kelolalah dengan konsisten jadwal postingan Anda, misalnya satu postingan sehari setiap sore, atau dua postingan, satu pagi satu lagi malam hari, atau tiga postingan di waktu yang sudah ditentukan sendiri. Sebaiknya juga pilih hal-hal yang spesifik saja seperti tentang seluk beluk uang digital, tentang kultur, tentang alam lingkungan, atau photografi dan lainnya. Jika mau umum juga tidak mengapa. Pelajarilah postingan dengan mencarinya di tag. Bagi yang ingin “berburu” upvote besar maka sebaiknya pelajari waktu yang tepat alias disesuaikan dengan jam aktif para pemegang Steem Power besar.

Sebaiknya saya pakai bahasa apa untuk mempublikasi konten?
Bebas saja, tapi alangkah baiknya jika Anda memposting dengan Bahasa Indonesia, bahasa kita sendiri, jika mau disertai dengan edisi English juga boleh.

Terakhir, siapa sih yang membuat Steemit?
Halah, googling sajalah. Ketik Steemit dan Ned Scott dan nikmatilah informasinya. Jangan banyak kali mikir ya, lebih cepat bergabung di Steemit lebih mantappp, dan ajak juga anggota keluarga dan sahabat, jangan menggandakan akunnya untuk mendapat upvote hehe. Nanti melalui Komunitas Steemit Indonesia (KSI) – Aceh Steemit Writer (ASW)misalnya, akan banyak rekan-rekan yang siap membantu, mendukung dan memberi semangat.

Apa Steemit hanya untuk laki-laki?
Tidak, Steemit untuk semua orang, jadi ajaklah saudara, teman perempuan Anda untuk bergabung di Steemit. Perempuan juga perlu diberi akses untuk mendapatkan uang dari postingan mereka.

Oh ya, siapa yang perlu saya follow setelah mendaftar di Steemit?
Siapa saja boleh! Berikut beberapa nama akun yang selalu berkenan membantu.

Banda Aceh:
Follow @rismanrachman @zulkabar @munaa @fannour @arfa@boynashruddin @dondanny @anwarabdullah @alvaro017 @kemal13@kakilasak @orcheva @bewe @awinyaksteemit @yasir.mogerz@teukeuilham @hadimemories @andesign @rahmanovic @lusanamaya@hermanrn @acehpungo

Bireuen:
Follow @bahagia-arbi @albetjester @razack-pulo @muhajirjuli @barvon@dsatria @saifmmc

Lhokseumawe – Aceh Utara:
Follow @ayijufridar @abduhawab @nayya24 @jaff @muammar @yahqan@zainalbakri@masriadi @abduhawab@jondalh @teukumukhlis@taministy @abunagaya @safwaninisam @steem77 @usmanosama@bukharisulaiman @fuadjamaluddin @zulfadliekawom
@bukhairuddin @teukukemalfasya @rayfa

Bagus juga untuk berkenalan dengan dua orang kurator Indonesia yang baik hati ini, yaitu @levycore dan @aiqabrago

image

 

Steemit Post @rismanrachman https://steemit.com/steemit/@rismanrachman/panduan-awal-memahami-steemit-untuk-pemula-2017816t8494225z

Share.

About Author

Leave A Reply